Trustco Institute

Lembaga Pengembangan SDM Pofesional

Sunday 19th August 2018

Langkah Awal Perubahan

Langkah Awal Perubahan

Ada tiga hal yang dimiliki oleh setiap manusia, baik yang sukses atau yang tidak. Setiap orang mampu berpikir, setiap orang mampu mengubah pikiran menjadi kekuatan, dan setiap orang memiliki waktu 24 jam dalam sati hari.

Orang memiliki kepribadian positip akan mampu memanfaatkan waktu setiap hari dengan baik. Ia menyadari bahwa waktu yang telah berlalu tidak akan pernah kembali lagi sampai hari kiamat. Segala sesuatu yang sia-sia maish mungkin digantikan, seperti emas, harta, dan lain-lain. Tapi tidak begitu halnya dengan waktu: menit yang telah berlalu tidak akan kembali lagi sampai hari kiamat. Oleh sebab itu, waktu tidak sama dengan emas, seperti kata orang.

Waktu adalah kehidupan. Kehidupan lebih berharga dari apa pun. Waktu bukan emas karena kita dapat menggantikannya ketika ia hilang. Dan kita tidak dapat menggantikan waktu yang telah pergi.

Syauqi berkata dengan syair,

Detak jantung seseorang memberitahukan kepadanya bahwa hidup adalah

menit-menit dan detik-detik.

 

Pikiran, kekuatan dan waktu dimiliki oleh semua orang. Mengapa orang lain sukses sedang aku tidak? Yang dibutuhkan hanya pikiran positif yang berubah menjadi kekuatan, perbuatan, kesinambungan dan evaluasi. Setelah itu semua akan lahir hasil yang cemerlang.

Seiring perjalanan waktu, pikiran dan kesadaran positif akan berubah menjadii kebiasaan yang dilakukan oleh manusia secara otomatis. Kebiasaan itu berjalan tanpa kesulitan. Kebiasaan positif akan melahirkan hasil yang positif. Begitu pula sebaliknya. Silakan Anda memilih!

Enam Langkah Menuju Perubahan

“Kita mesti berkembang, berubah, dan bangkit. Jika tidak, kita akan tersingkir.” Goethe

Saya menghabsiskan banyak untuk memikirkan dimensi psikologi manusia untuk mengetahui cara terbaik mengubah perilaku tertentu. Akhirnya saya menemukan enam formula perubahan yang dapat diterapkan oleh siapapun yang ingin mengubah perilakunya.

 

  1. 1. Perhatian

Perhatikan diri Anda. Perhatikan perjalanan hidup Anda. Arahkan pendangan pada diri Anda. Periksa perilaku dan perbuatan Anda sampai menemukan perilaku-perilaku buruk yang ingin Anda ubah.

Pasti ada sesuatu yang Anda tidak suka pada diri Anda. Atau, ada sesuatu yang selalu membuat masalah. Konsentrasilah pada sesuatu (perbuatan atau perilaku) ini, kemudian pindahlah pada langkah berikutnya.

 

  1. 2. Keputusan

Saya tidak mengunjungi orang tua: solusi saya harus mengunjunginya sekarang. Saya perokok: solusi sederhananya adalah membuang sebungkus rokok yang ada dalam kantong saya. Saya bermusukan dengan saudara atau teman saya: solusinya angkat telepon dan meminta maaf padanya.

Jika Anda menemukan kekurangan dalam hidup Anda dan Anda meyakininya sebagai cela yang menyebabkan berbagai masalah bagi Anda, maka solusi terbaik adalah segera mengambil keputusan untuk memperbaiki kekurangan itu.

 

  1. 3. Belajar

Banyak hal yang ingin kita ubah tapi kebodohan menghalanginya. Solusi terbaik bagi masalah ini adalah menambah kesungguhan untuk belajar dan memperluas wawasan.

Seringkali pengetahuan Anda tentang sesuatu memiliki pengaruh sangat kuat terhadap sesuatu itu. Misalnya, ketika Anda sudah membaca informasi tentang bahaya merpokok, maka Anda akan sadar dan terdorong untuk berhenti merokok. Begitu juga ketika Anda tahu tentang kemuliaan shalat atau balasan untuk orang yang enggan menunaikan ibadah. Pengetahuan ini akan memengaruhi pandangan Anda tentang pentingnya shalat. Saya ingin katakan bahwa membaca dan belajar adalah bekal yang membuat Anda menjadi lebih baik.

 

  1. 4. Menyadari kekurangan

Sebagian orang menginginkan perubahan secara instan. Dia percaya punya kemampuan besar, tapi akhirnya mereka kembali pada perilaku lama, bahkan lebih parah. Seorang yang gemuk berupaya melakukan diet ketat. Berat badannya turun drastis, tapi kemudian berat badannya kembali seperti semula atau lebih parah.

Orang yang tidak pernah shalat tiba-tiba sering melakukan shalat wajib dan sunnah. Ia masuk mesjid lebih awal dan keluar belakangan. Setelah sekian lama ia tidak shalat wajib atau sunnah sama sekali.

Saya ingin katakan bahwa perubahan sederhana yang tepat lebih penting dan lebih baik ketimbang perubahan secara drastis. Saya dapat memastikan bahwa semakin panjang sebuah proses maka perubahan dan manfaatnya akan lebih berarti. Pada gilirannya perubahan ini akan sesuai dengan harapan dan melahirkan kebiasaan yang kita inginkan sebagai ganti dari kebiasaan lama yang ingin diubah.

 

  1. 5. Latihan

Alexis Carrel berkata, “Orang tidak dapat mebgubah dirinya tanpa usaha keras. Orang yang ingin mengubah dirinya bagaikan seorang peternak dan pemahat.” Artinya mengubah diri membutuhkan ketelitian dan kesabaran.

Kebiasaan yang ingin Anda ubah akan menampakan wataknya dari waktu ke waktu. Ia akan menguji keseriusan Anda dalam menjalani proses perubahan. Anda akan merasa sangat ingin merokok, malas menunaikan shalat, dan tergoda menyantap makanan lezat yang merusak program diet Anda.

Menciptakan kebiasaan baru membutuhkan kesabaran dan tekad yang kuat agar dapat membentuk kesadaran yang dalam dan kita menjadi terbiasa melakukannya.

  1. 6. Berkelanjutan

Konsisten dalam perilaku yang baru adalah tindakan yang sangat penting. Dalam fase-fase terdahulu, konsistensi merupakan bagian yang sangat fundamental dan tidak dapat dipisahkan. Jangan sampai nafsu menyeret Anda untuk menghentikan upaya Anda menggapai apa yang Anda inginkan.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.